Masalah-masalah Penelitian
Oleh Tri Kurniah Lestari
15709251065
15709251065
Masalah penelitian merupakan suatu masalah dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan yang ingin dicari solusinya melalui sebuah penelitian. Penelitian yang ingin dilakukan saat ini berfokus pada dunia pendidikan, sehingga masalah penelitian dibatasi pada masalah-masalah di dunia pendidikan.
Berdasarkan hasil diskusi kelas A pada mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan, diperoleh beberapa macam permasalahan bila dilihat dari orang-orang yang terlibat didalamnya. Orang-orang yang terlibat dalam dunia pendidikan yaitu siswa, guru, kepala sekolah, Dinas Pendidikan, dan orang tua peserta didik.
Berdasarkan hasil diskusi kelas A pada mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan, diperoleh beberapa macam permasalahan bila dilihat dari orang-orang yang terlibat didalamnya. Orang-orang yang terlibat dalam dunia pendidikan yaitu siswa, guru, kepala sekolah, Dinas Pendidikan, dan orang tua peserta didik.
Berikut ini merupakan penjabaran dari Permasalahan-per-masalahan penelitian yang ditemui di dunia pendidikan berdasarkan orang-orang yang terlibat didalamnya
A. SISWA (PESERTA DIDIK)
Permasalahan yang biasa ditemui pada peserta didik yaitu sebagai berikut :
- Kurangnya minat dan motivasi siswa
- Ketertarikan siswa terhadap guru
- pembelajaran guru dianggap monoton
- matematika dianggap sulit (khusus MP matematika)
- Siswa belum memahami materi prasyarat, sehingga kesulitan memahami materi berikutnya
- pemahaman buku yang kurang, materi terlalu abstrak
- penerapan waktu 5 hari kerja membuat siwa kurang konsentrasi
- kemampuan siswa yang variatif, yang kurang merasa minder
- fasilitas yang dimiliki siswa
- jadwal belajar
- perjuangan yang kurang merasa malas
- kecemasan ketika ujian
Permasalahan yang biasa ditemui pada guru yaitu :
- Kurikulum yang diberlakukan pemerintah (bahan ajar, pembelajaran, penelitian, dan kualitas)
- Kepribadian (kompetensi) guru dalam pembelajaran, termasuk penguasaan materi
- pemilihan pendekatan metode pembelajaran yang belum tepat
- adanya sertifikasi guru (apakah bisa meningkatkan kinerja)
- Ekonomi guru, mengajar bukan karena panggilan nurani, namun karena memenuhi ekonomi, mempengaruhi konsentrasi guru
- guru sulit mengubah sudut pandang siswa, bahwa matematika menyenangkan (khusus MP matematika)
- Guru mengejar target materi, tanpa memperhatikan konsep
- RPP dianggap merepotkan, tidak sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran
- membangkitkan minat dan motivasi siswa
- menyusun media pembelajaran
- Kurangnya pelatihan kompetensi guru
- manajemen guru
C. KEPALA SEKOLAH
Permasalahan yang biasa ditemui pada kepala sekolah yaitu sebagai berikut :
- Kepala sekolah kurang memonitor, karna jadwal padat
- kurang mampu bersosialisasi (khusus tempat tertentu seperti yayasan)
- Pengetahuan IT
- rekrut kepala sekolah (kedekatan emosi)
- Kurangnya pelatihan
- niat kepala sekolah karna ekonomi dan status sosial
- Pengelolaan dana kurang optimal
- manajemen kurang
D. DINAS PENDIDIKAN
Permasalahan yang biasa ditemui pada dinas pendidikan yaitu sebagai berikut :
- Pelatihan yang diselenggarakan dinas tidak merata
- kurang monitoring, hanya melaksanakan tugas
- pemerataan sana pendidikan
- dana pendidikan tidak 100% diterima, daya serap pada laporan 100% tetapi tidak sesuai dengan yang diberikan
- pelatihan kurang efektif baik tempat maupun waktu
- pelayanan administrasi
- mengawasi guru atau sekolah kurang rutin
Permasalahan yang biasa ditemui pada orang tua yaitu sebagai berikut :
- Biaya pendidikan
- fasilitas belajar
- wawasan orang tua
- tuntutan
- komunikasi
- sibuk
- keteladanan
- Kurang peka terhadap kebutuhan siswa
Adapun permasalahan-permasalahan didunia pendidikan yang ditinjau dari segi lingkungan dan dikhususkan pada pembelajaran matematika. Dari segi lingkungan permasalahan yang dihadapi adalah :
- kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran
- suasana akademis yang kurang baik terkesan mengganggu aktifitas pembelajaran
- tata letak lingkungan sekolah yang tidak strategis (misal, letak sekolah disekitaran kompleks perumahan dan pasar)
Sedangkan dari segi pembelajaran matematika, permasalahan yang dihadapi dimulai dari materi hingga cara pembelajarannya. Permasalahan dalam hal materi matematika yaitu sebagai berikut :
- Konteks soal tidak sesuai dengan yang dihadapi siswa ketika ujian
- materi di Indonesia terlalu banyak dan mendalam
- materi terlalu padat, dan banyak hafalan
- materi simbolik
- konsep belum diketahui manfaatnya
- tingkat kesulitan soal yang beragam
Kemudian, permasalahan yang dihadapi pada cara pembelajaran marematika yaitu :
- Pembelajaran langsung
- apersepsi
- pembelajaran belum didukung perangkat ( RPP, buku ajar, LKS/Modul, penilaian)
- Apakah pembelajaran yang dilakukan selalu dievaluasikan?
Permasalahan - permasalahan penelitian yang telah dijabarkan di atas dapat dijadikan sebagai bahan permasalahan yang akan diteliti dalam pembuatan tesis. Permasalahan pembelajaran matematika akan di bahas secara mendetail di pertemuan berikutnya. Semoga bermanfaat, terimakasih.
0 komentar:
Posting Komentar