Perumusan Masalah
oleh : Tri Kurniah Lestari
15709251065
Setelah mengidentifikasi
masalah-masalah penelitian, langkah selanjutnya yaitu dilakukan perumusan
masalah. Menurut Wagiran (61 : 2014) terdapat dua langkah utama dalam
merumuskan masalah, yang pertama yaitu mengidentifikasi area atau daerah permasalahan, misalnya permasalahan yang ada pada sekolah, dinas pendidikan, guru, siswa, atau orang tua siswa. Yang kedua yaitu mempersempit permasalahan sehingga menjadi masalah yang dapat diteliti.
Berikut ini merupakan contoh dari suatu cara dalam merumuskan masalah yang terdiri atas kenyataan yang terjadi, kemudian harapan, dan solusi penyelesaian dari masalah.
Latar belakang : Peningkatan Kualitas Guru (alat pengumpulan datanya survey)
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
1.
Kemampuan guru matematika menyelesaikan
masalah kurang
2.
Kompetensi professional kurang
3.
Dari hasil wawancara 20 orang guru matematika,
12 orang mengcopy RPP
4.
Ketika di observasi, RPP dan pelaksanaannya
kurang sesuai
5.
Pengajaran guru belum bisa membuat prestasi
siswa tidak meningkat
6.
Pelatihan yang diadakan untuk guru belum
memuaskan
|
1.
Kemampuan guru matematika dalam menyelesaikan
masalah semakin baik
2.
Kompetensi professional semakin baik (seorang
guru harus memiliki pedagogik, professional, sosial, dan personal)
3.
Semua guru dapat memnyusun dan membuat RPP
sendiri
4.
RPP yang dibuat sesuai dengan pelaksanaannya
dilapangan
5.
Prestasi siswa dapat meningkat karena
pengajaran guru yang baik
6.
Kualitas pelatihan guru semakin meningkat
|
1.
Membentuk kelompok antar guru dalam
penyelesaian masalah RPP dan Silabus
2.
Membuat pelatihan guru yang lebih baik
3.
Membuat pelatihan mengajar secara berkelompok
|
Latar belakang : Mengembangkan Bank Soal Matematika
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
1.
Guru meniru soal dari sumber belajar
2.
Kompetensi Guru kurang
3.
Keterampilan dalam membuat soal sendiri kurang
4.
Belum ada bank soal yang memenuhi kriteria
pengajaran (RPP dan silabus)
5.
Masih merasa kurang perlu membuat bank soal
|
1.
Guru dapat membuat soal sendiri
2.
Peningkatan dalam kompetensi guru
3.
Meningkatnya keterampilan guru dalam membuat
soal
4.
Membuat bank soal yang memenuhi kriteria
pengajaran (silabus, dan RPP)
5.
Semakin meningkatnya minat dalam membuat bank
soal
|
1.
Membentuk suatu pelatihan antar guru dalam
pembuatan bank soal
2.
Mengembangkan bank soal sesuai dengan
kurikulum yang berlaku
|
0 komentar:
Posting Komentar