RUMUSAN MASALAH
(KENYATAAN, HARAPAN, DAN SOLUSI)
Tri kurniah lestari, S.Pd.
15709251065(PPs P.mat A)
Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang telah
diidentifikasi pada tugas sebelumnya, dapat di ditentukan jenis-jenis
dan pendekatan
penelitian yang akan digunakan dalam penelitian. Jenis dan pendekatan
penelitian tersebut telah dirangkum, yaitu sebagai berikut:
Latar belakang I: Peningkatan kreativitas guru
dalam menggunakan media pembelajaran matematika
Media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat
dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau
ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
Guru kurang
kreatif dalam pembuatan media pembelajaran
|
Guru dapat
lebih kreatif dalam pembuatan media pembelajaran
|
Solusi
yang dapat dilakukan yaitu
Adanya pelatihan
tentang tata cara pembuatan dan teknik penggunaan media pembelajaran yang
menarik dan sesuai dengan bahan materi yang akan diajarkan
Pemerintah dan
sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana penunjang dalam pembuatan
media pembelajaran.
|
Guru masih
nyaman mengajar tanpa media pembelajaran (kurangnya minat guru dalam membuat
media pembelajaran).
|
Guru memiliki
minat dalam penggunaan media pembelajaran ketika mengajar
|
|
Kurangnya
pelatihan dan pengalaman dalam menggunakan media pembelajaran
|
Guru semakin
berpengalaman dalam penggunaan media pembelajaran
|
|
Keterbatasan
sarana dan prasarana penunjang untuk membuat media pembelajaran
|
Guru dapat
berperan aktif dalam pemanfaatan sarana yang ada disekitarnya
|
|
Masih belum
bisa menentukan penggunaan media yang tepat pada setiap materi yang diajarkan
|
Guru dapat
menentukan penggunaan media yang tepat dalam menjelaskan setiap materi.
|
|
Kurangnya
minat dan motivasi siswa dalam belajar dikarenakan media pembelajarannya yang kurang menarik dan monoton
|
Siswa lebih
berminat dan termotivasi dalam belajar dikarenakan media pembelaran yang
digunakan oleh guru menarik
|
|
Guru merasa
rugi secara ekonomi untuk menyediakan media pembelajaran
|
Guru dapat
memanfaatkan barang-barang disekitarnya sehingga pengeluaran dapat
diminimalisir.
|
Latar belakang II : Pengaruh gaya
belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
Siswa tidak mengikuti pembelajaran
dengan baik karena metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat dengan
gaya belajar mereka
|
Siswa dapat mengikuti pembelajaran
dengan baik karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru
|
Solusi
yang dapat dilakukan yaitu
|
Guru kesulitan dalam menentukan
metode yang cocok untuk gaya belajar setiap siswa
|
Guru dapat menentukan penggunaan
metode maupun media pembelajaran yang cocok dengan gaya belajar setiap siswa
|
|
Siswa tidak memahami gaya
belajarnya sendiri sehingga prestasi belajarnya menurun
|
Siswa dapat mengerti dan memahami
gaya belajarnya, sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya
|
|
Kurangnya pemahaman guru mengenai
teori-teori gaya belajar anak
|
Bertambahnya pemahaman guru
mengenai teori-teori gaya belajar anak
|
|
Kurangnya kepekaan guru terhadap
siswa yang memiliki gaya belajar berbeda-beda
|
guru semakin peka terhadap
permasalahan gaya belajar yang dialami oleh siswa
|
Latar belakang III : Pengaruh
pengetahuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
Siswa
tidak memahami dan mengikuti dengan baik pembelajaran materi prasyarat yang
di berikan pada pengajaran atau semester yang lalu
|
Siswa
dapat memahami kembali materi prasyarat yang di berikan pada pengajaran atau
semester yang lalu
|
Solusi
yang dapat dilakukan yaitu
·
Guru yang memberikan materi prasyarat harus lebih
menekankan dan mengingatkan bahwa pelajaran ini akan berguna untuk
pebelajaran selanjutnya
·
Sebelum memulai pembelajaran yang memerlukan
materi prasyarat, guru harus mengingatkan atau membahas kembali materi
prasyaratnya dan menjelaskan hubungannya dengan materi berikutnya
|
Guru
tidak menjelaskan kepada siswa tentang materi prasyarat yang harus di ketahui
sebelum mempelajari materi selanjutnya
|
Guru
dapat menjelaskan dan mengingatkan kembali mengenai materi prasyarat
|
|
Siswa
kesulitan dalam menghubungkan materi prasyarat dan materi selanjutnya
|
Siswa
dapat menghubungkan kegunaan materi prasyarat dengan materi selanjutnya
|
|
Siswa
lupa materi prasyarat yang diberikan oleh guru
|
Siswa
dapat mengingat kembali materi prasyarat
|
Latar
belakang IV : Peran orang tua dalam perkembangan pembelajaran matematika anak
Kenyataan
|
Harapan
|
Solusi
|
Kurangnya
pemberian motivasi dan perhatian dari
orang tua kepada anak
|
Orang tua
dapat memberikan motivasi dan perhatian kepada anak agar mau belajar
matematika
|
Solusi
yang dapat dilakukan yaitu
·
Bila orang tua tidak memahami matematika, bisa
memberikan anak fasilitas belajar seperti memberikan anak kursus, atau pun
les privat.
·
Orang tua memberikan perhatian dan fasilitas
penunjang yang dibutuhkan anak, serta mengontrol waktu belajar dan
perkembangan anak
|
Kurangnya
pemahaman orang tua terhadap pembelajaran matematika
|
Orang tua
dapat memahami dan mencari solusi
|
|
Kurangnya
pemberian fasilitas penunjang pembelajaran matematika
|
Orang tua dapat
memenuhi fasilitas pembelajaran matematika
|
|
Orang tua
terlalu sibuk sehingga tidak dapat mengontrol waktu anak untuk belajar
|
Dapat
mengontrol waktu anak dalam belajar
|
|
Orang tua
tidak memantau dan acuh terhadap
perkembangan anaknya dalam pembelajaran matematika.
|
Dapat
mengetahui perkembangan anak setiap pembelajarannya
|
0 komentar:
Posting Komentar