Senin, 28 September 2015

Tugas Pertama

RUMUSAN MASALAH
(KENYATAAN, HARAPAN, DAN SOLUSI)
Tri kurniah lestari, S.Pd.
15709251065(PPs P.mat A)


Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang telah diidentifikasi pada tugas sebelumnya, dapat di ditentukan jenis-jenis dan pendekatan penelitian yang akan digunakan dalam penelitian. Jenis dan pendekatan penelitian tersebut telah dirangkum, yaitu sebagai berikut:


Latar belakang I: Peningkatan kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran matematika

Media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.

Kenyataan
Harapan
Solusi
Guru kurang kreatif dalam pembuatan media pembelajaran
Guru dapat lebih kreatif dalam pembuatan media pembelajaran
Solusi yang dapat dilakukan yaitu
Adanya pelatihan tentang tata cara pembuatan dan teknik penggunaan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan bahan materi yang akan diajarkan
Pemerintah dan sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana penunjang dalam pembuatan media pembelajaran.
Guru masih nyaman mengajar tanpa media pembelajaran (kurangnya minat guru dalam membuat media pembelajaran).
Guru memiliki minat dalam penggunaan media pembelajaran ketika mengajar
Kurangnya pelatihan dan pengalaman dalam menggunakan media pembelajaran
Guru semakin berpengalaman dalam penggunaan media pembelajaran
Keterbatasan sarana dan prasarana penunjang untuk membuat media pembelajaran
Guru dapat berperan aktif dalam pemanfaatan sarana yang ada disekitarnya
Masih belum bisa menentukan penggunaan media yang tepat pada setiap materi yang diajarkan
Guru dapat menentukan penggunaan media yang tepat dalam menjelaskan setiap materi.
Kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar dikarenakan media pembelajarannya  yang kurang menarik dan monoton
Siswa lebih berminat dan termotivasi dalam belajar dikarenakan media pembelaran yang digunakan oleh guru menarik

Guru merasa rugi secara ekonomi untuk menyediakan media pembelajaran
Guru dapat memanfaatkan barang-barang disekitarnya sehingga pengeluaran dapat diminimalisir.


Latar belakang II : Pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika

Kenyataan
Harapan
Solusi
Siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik karena metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat dengan gaya belajar mereka
Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru
Solusi yang dapat dilakukan yaitu
  • Guru mengikuti pelatihan-pelatihan tentang gaya belajar anak
  • Guru harus banyak berlatih menggunakan berbagai macam metode
  • Siswa perlu diberikan pengetahuan mengenai gaya belajarnya
  • Guru harus belajar untuk peka terhadap kesulitan siswa.
Guru kesulitan dalam menentukan metode yang cocok untuk gaya belajar setiap siswa 
Guru dapat menentukan penggunaan metode maupun media pembelajaran yang cocok dengan gaya belajar setiap siswa
Siswa tidak memahami gaya belajarnya sendiri sehingga prestasi belajarnya menurun
Siswa dapat mengerti dan memahami gaya belajarnya, sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya
Kurangnya pemahaman guru mengenai teori-teori gaya belajar anak
Bertambahnya pemahaman guru mengenai teori-teori gaya belajar anak
Kurangnya kepekaan guru terhadap siswa yang memiliki gaya belajar berbeda-beda
guru semakin peka terhadap permasalahan gaya belajar yang dialami oleh siswa


Latar belakang III : Pengaruh pengetahuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika

Kenyataan
Harapan
Solusi
Siswa tidak memahami dan mengikuti dengan baik pembelajaran materi prasyarat yang di berikan pada pengajaran atau semester yang lalu
Siswa dapat memahami kembali materi prasyarat yang di berikan pada pengajaran atau semester yang lalu
Solusi yang dapat dilakukan yaitu
·         Guru yang memberikan materi prasyarat harus lebih menekankan dan mengingatkan bahwa pelajaran ini akan berguna untuk pebelajaran selanjutnya
·         Sebelum memulai pembelajaran yang memerlukan materi prasyarat, guru harus mengingatkan atau membahas kembali materi prasyaratnya dan menjelaskan hubungannya dengan materi berikutnya
Guru tidak menjelaskan kepada siswa tentang materi prasyarat yang harus di ketahui sebelum mempelajari materi selanjutnya
Guru dapat menjelaskan dan mengingatkan kembali mengenai materi prasyarat
Siswa kesulitan dalam menghubungkan materi prasyarat dan materi selanjutnya
Siswa dapat menghubungkan kegunaan materi prasyarat dengan materi selanjutnya
Siswa lupa materi prasyarat yang diberikan oleh guru
Siswa dapat mengingat kembali materi prasyarat





Latar belakang IV : Peran orang tua dalam perkembangan pembelajaran matematika anak

Kenyataan
Harapan
Solusi
Kurangnya pemberian motivasi dan perhatian  dari orang tua kepada anak
Orang tua dapat memberikan motivasi dan perhatian kepada anak agar mau belajar matematika
Solusi yang dapat dilakukan yaitu
·         Bila orang tua tidak memahami matematika, bisa memberikan anak fasilitas belajar seperti memberikan anak kursus, atau pun les privat.
·         Orang tua memberikan perhatian dan fasilitas penunjang yang dibutuhkan anak, serta mengontrol waktu belajar dan perkembangan anak
Kurangnya pemahaman orang tua terhadap pembelajaran matematika
Orang tua dapat memahami dan mencari solusi
Kurangnya pemberian fasilitas penunjang pembelajaran matematika
Orang tua dapat memenuhi fasilitas pembelajaran matematika
Orang tua terlalu sibuk sehingga tidak dapat mengontrol waktu anak untuk belajar
Dapat mengontrol waktu anak dalam belajar
Orang tua tidak memantau dan acuh  terhadap perkembangan anaknya dalam pembelajaran matematika.
Dapat mengetahui perkembangan anak setiap pembelajarannya

0 komentar:

Posting Komentar

Translate