Senin, 05 Oktober 2015

Tugas Kedua


MENENTUKAN JENIS DAN PENDEKATAN PENELITIAN

Oleh : Tri Kurniah Lestari, S.Pd.
(15709251065)

          Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang telah diidentifikasi pada tugas sebelumnya, dapat di ditentukan jenis-jenis dan pendekatan penelitian yang akan digunakan dalam penelitian. Jenis dan pendekatan penelitian tersebut telah dirangkum, yaitu sebagai berikut: 



Permasalahan I :
Upaya Meningkatkan kreativitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran matematika

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang ada pada guru dan mencari solusi untuk meningkatkan/mengembangkan kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran sehingga dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D dengan pendekatan kualitatif


Permasalahan II: 
Pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematik

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akibat yang akan ditimbulkan pada prestasi belajar matematika apabila diberikan suatu perlakuan yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Penelitian seperti ini dinamakan sebagai penelitian eksperimen. Dimana penelitian eksperimen adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara  sengaja oleh peneliti.(Hadi, dalam Nursyahida 2012). Selain itu, dibutuhkan adanya penggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan prestasi belajar. Sehingga dari penjabaran ini, dapat ditentukan bahwa penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantatif.


Latar belakang III : 
Pengaruh pengetahuan awal siswa terhadap prestasi belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh pengetahuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematikanya. Penelitian seperti ini dinamakan sebagai penelitian eksperimen. Dimana penelitian eksperimen adalah meneliti pengaruh perlakuan terhadap perilaku yang timbul sebagai akibat perlakuan (Alsa, dalam Nursyahida 2012). Selain itu, dibutuhkan suatu perhitungan matematis untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh pengetahuan awal siswa terhadap prestasi belajarnya.  Sehingga dari penjabaran ini, dapat ditentukan bahwa penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantatif.

Permasalahan IV: 
Peran orang tua dalam perkembangan pembelajaran matematika anak

Penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam perkembangan pembelajaran matematika anak. Penelitian ini disebut juga sebagai penelitian deskriptif. dimana penelitian deskriptif ini lebih difokuskan kepada mendeskripsikan keadaan atau peristiwa yang sedang diteliti, dan data yang dihasilkan juga bersifat deskriptif. Sehingga dapat dikatakan bahwa jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif.


====================
Sumber :
Nursyahida, Farida. 2012. Penelitian Eksperimen. (https://faridanursyahidah. files. wordpress. com/ 2012/05/penelitian-eksperimen_farida.pdf) diakses pada tanggal 04 Oktober 2015

2 komentar:

Janu Arlinwibowo mengatakan...

Baiknya dijelaskan alasan pemilihan jenis dan pendekatannya.

tri mengatakan...

baik pak

Posting Komentar

Translate